Tuesday, October 16, 2012

Cara Pemesanan Tiket Kereta Api

Berbagai perubahan ke arah yang positif telah dilakukan oleh PT KA. Dari kesemua perubahan itu, menurut saya pribadi yang paling tampak adalah dalam hal ticketing. Dahulu untuk memesan tiket kereta api kita harus berdesak-desakan di stasiun bahkan harus antri seharian demi sebuah tiket. Sekarang nampaknya sedikit berubah, kita dapat memesan tiket kereta api dengan berbagai cara.

Rail Box
PT KA bekerja sama dengan BNI menerbitkan sebuah kartu yang disebut dengan Rail Card. Krtu tersebut dapat diisi dengan sejumlah tertentu saldo yang dapat digunakan untuk reservasi tiket KA. Namun pemesanan tiket hanya dapat dilakukan melalui mesin-mesin yang disebut Rail Box. Saat ini Rail Box dapat dijumpai di sejumlah stasiun dan pusat perbelanjaan.

Alfamart / Indomaret / Kantor Pos
Pemesanan tiket KA juga dapat dilakukan melalui dua minimarket tersebut. Untuk memesan tiket KA anda akan dikenakan biaya reservasi 7500 rupiah. Anda akan mendapatkan sebuah struk pemesanan yang harus ditukarkan lagi dengan tiket KA di stasiun keberangkatan paling lambat satu jam sebelum kereta berangkat.

Pemesanan Online
Mulai beberapa bulan yang lalu anda dapat memesan tiket kereta api secara online. Pemesanan dapat dilakukan di website PT KA www.kereta-api.co.id. Pembayaran harus anda lakukan paling lambat dua jam setelah pemesanan melalui atm terdekat. Setelah itu tiket akan dikirimkan melalui email anda.

Call Center 121
Jika anda memiliki pulsa lebih, anda dapat melakukan pemesanan tiket KA melalui call center 121. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM. Anda harus menukarkan bukti pembayaran dari ATM di loket stasiun keberangkatan.

No comments:

Post a Comment